Home » , » Buat Laki-laki yang suka bercukur aneh-aneh

Buat Laki-laki yang suka bercukur aneh-aneh

Written By Dedi E Kusmayadi Soerialaga on Rabu, 03 September 2014 | 9/03/2014

Larangan Qaza'

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza, yaitu potongan rambut yang dihasilkan dengan mencukur rambut pada sebagian kepala dan membiarkan sebagiannya lagi. Hendaklah orang tua melarang potongan model ini kepada anaknya. Karena potongan ini meniru potongan rambut orang-orang kafir dan orang-orang bejat, baik yang ada di Inggris, Perancis dan lain-lain.

Larangan melakukan Qaza' ini telah disebut dengan jelas di dalam hadist dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu 'anhu katanya yang bermaksud : "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang daripada melakukan qaza‘ (mencukur sebagian dari rambut kepala)." (Hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis yang lain daripada ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu 'anhu yang artinya : "Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah melihat seorang anak-anak yang dicukur sebagian rambutnya dan ditinggalkan sebagian yang lain, lalu Nabi melarang mereka berbuat demikian dan Beliau bersabda: "Kamu cukur (rambut itu) semuanya atau kamu tinggalkan semuanya (tidak mencukurnya)." (Hadis riwayat Abu Daud)

Sebahagian Ulama' mengharamkannya kerana ia menyerupai kaum kafir.

Wallahu a'lam bish shawab

0 comments:

Alhamdulillah wa'syukurilah Bersyukur padamu ya Allah Kau jadikan kami saudara, Indah dalam kebersamaan

UP DATE VIDEO PKS

TOTAL LAYANGAN BULAN INI

TRENDING

 
Copyright © PKS DPC Sumedang Utara - All Rights Reserved
    Facebook Twitter YouTube