Home » , » PKS Terjunkan Relawan Bantu Korban Letusan Kelud

PKS Terjunkan Relawan Bantu Korban Letusan Kelud

Written By Dedi E Kusmayadi Soerialaga on Rabu, 19 Februari 2014 | 2/19/2014

Baksos PKS, PKS bergerak cepat membantu korban erupsi Gunung Kelud. Sesaat setelah letusan (13/2/2014), PKS mengirim tim advance dari unsur kepanduan, untuk membuat peta awal dampak erupsi, jumlah pengungsi, dan titik-titik yang memungkinkan didirikan posko bantuan.

Sejak Jumat (14/2/2014) lalu, tim relawan PKS yang berjumlah lebih banyak, telah diturunkan untuk mendirikan posko. Di Kabupaten Kediri, pos antara lain ada di Kecamatan Gurah, Pare, Wates dan Ngancar. Sementara di Malang, PKS mendirikan pos di daerah Ngantang, tapi karena suhu meningkat panas, pos diturunkan ke sekitar Kecamatan Pujon.

Aksi kepedulian ini ternyata tak hanya dilakukan kader yang berada di sekitar area bencana, tapi juga di daerah lain. Misalnya, aksi bagi-bagi masker di Tulungagung, Trenggalek, Madiun, Blitar, Jombang, dan Madiun. Di Bangkalan, di samping bagi-bagi masker, juga digelar pengalangan dana.

"Di hari yang sama, PKS mendirikan dapur umum di beberapa titik pengungsian. Salah satunya di Dusun Cangkring, Desa Pelem, Kecamatan Wates, sekitar 50 km dari puncak Kelud. Ini adalah pusat pengungsian pertama di radius terdekat. "Awalnya di area 30 km. Namun karena kondisi dirasa kurang aman, maka diminta pindah lebih jauh oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah, red)," ujar Tatag Widhi, Koordinator Dapur Umum PKS, Minggu (16/2/2014).

Debu masih sangat tebal ketika dapur umum didirikan. Suasana juga lumayan panik, karena letusan terjadi malam. Praktis banyak diantara warga yang turun dari area Kelud tidak membawa apa-apa. "Ini yang mendorong kami segera mendirikan dapur umum. Kami berpikir bagaimana caranya agar warga tidak kelaparan selama di pengungsian," tegas Hamy Wahjunianto, Ketua DPW PKS Jatim yang juga turun langsung meninjau lokasi bencana, bersama beberapa anggota DPRD Jatim dari F-PKS.

Dapur umum yang melibatkan 13 juru masak dan 40 relawan bagian distribusi ini melayani sekitar 1000 pengungsi 3 kali sehari di jam-jam makan. Distribusinya sampai ke beberapa desa yang lebih jauh seperti Desa Krenceng, Keling dan Lupung. "Sementara masih 1000 pengungsi yang bisa kami bantu. Semoga ke depan akan lebih banyak lagi pengungsi yang bisa kami layani," jelas Hamy Wahjunianto.

Posko yang sama juga PKS dirikan di Kabupaten Malang dan Blitar. Tidak kurang 300 relawan yang telah diturunkan, dengan kemungkinan bertambah sesuai kebutuhan di lapangan. Fokus bantuan PKS, lanjut Hamy, untuk saat ini lebih banyak di pendirian dapur umum, pelayanan kesehatan, dan trauma healing.

Sementara di Kota Kediri, ratusan kader PKS bekerja bakti membersihkan timbunan debu Kelud di atap rumah-rumah warga dan di jalanan.

0 comments:

Alhamdulillah wa'syukurilah Bersyukur padamu ya Allah Kau jadikan kami saudara, Indah dalam kebersamaan

UP DATE VIDEO PKS

TOTAL LAYANGAN BULAN INI

TRENDING

 
Copyright © PKS DPC Sumedang Utara - All Rights Reserved
    Facebook Twitter YouTube